OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

    Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 222,707 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Perlunya Study Lapangan Sebelum Penerapan

Posted by zulqarnain pada Desember 22, 2016


Saya adalah orang yang mengeyam bangku pendidikan selama 14 tahun namun sadar ataupun tidak saya merasakan ilmu yang di dapat di bangku pendidikan formal tersebut tidak banyak merubah keadaan pribadi saya baik dari pola pikir, atitude maupun mental saya (ini menurut pendapat saya loh…). Artinya saya tidak benar-benar bisa dikatakan “berubah”. Beranjak dari proses yang kurang mumpuni itulah saya mulai berfikir ada apa dengan pendidikan yang pernah saya enyam selama itu. Dan akhirnya saya hanya bisa melihat dari jauh seorang penuntut ilmu melalui pendidikan formal namun pencapaiannya hanya berakhir di atas selembar kertas yang berisikan sebuah nilai dan resume selama dia mengeyam pendidikan. Lantas di benak saya ingin bertanya “Nak.., apakah dengan ini (menunjuk selembar kertas tersebut) kamu dapat bertahan hidup ?” tapi sudahlah itu hanya paradok dari pikiran konyol saya. Toh… juga negara ini juga masih dikategorikan negara berkembang yaa apa boleh buat. Sehebat apapun kita berfikir, berusaha dan berkarya jika faktor pengalinya nol yaa… tetap saja tidak ada hasilnya :).

Kaitannya dengan judul di atas adalah Ilmu apapun yang telah dipelajari hendaknya bisa langsung di implementasikan ke lapangan atau bahasa nyelenehnya “doing on field”. Ini hanya di lihat dari “kacamata” saya aja loh… atau perspektif saya pribadi. Tidak ingin menggurui dan saya juga tidak senang dengan apa yang sudah berjalan begitu saja hingga menjadikan budaya yang tidak baik dimana budaya tersebut membuat yang salah menjadi benar dan atau sebaliknya. Itulah kenapa kita perlu study ke lapangan agar dapat mengetahui apakah ilmu kita dapat diterpakan, sesuai dengan kebutuhan ataupun dapat merubah pola pikir di sekitar kita menjadi lebih baik. Buat apa banyak prestasi pendidikan di dapat tetapi tidak merubah sedikit pun lingkungan di sekitar baik lingkungan keluarga maupun lingkungan tempat tinggal. Benar apa benar yaa…?.

Apa pun pendidikannya baik bersifat duniawi ataupun berbau dengan perkara agama saya kira sama yakni kita tidak di suruh membaca atau mengumpulkan banyak atau tidaknya kita belajar tetapi kita “wajib” mengamalkannya ataupun menerapkannya. Lagi-lagi study lapangan perlu dilakukan biar kita tahu “apa sih.. kebutuhan lingkungan ku saat ini ?”, sudah mampukah ilmu yang di dapat untuk membentengi diri dari dunia di luar sana dan memngajarkan baiknya khasanah ilmu itu. Jangan lupa dan tidak dipungkiri selalu saja kita akan bertemu dengan faktor M & R. Apa itu faktor M & R …?, Yakni faktor Masalah & Resiko akan sangat pasti ditemukan. Makanya kita tidak akan pernah tahu sejauh mana ilmu yang di dapat bisa menyelesaikan faktor-faktor tersebut. Nah…, itu saja ocehan yang tidak bermutu dari saya kali ini mudahan bisa menjadi ibroh… buat saya pribadi utamanya dan bagi siapa saja yang sudah kiranya mau membaca ataupun mampir sebentar di blog yang sangat-sangat masih perlu banyak dibenahi.

“Belajar tidak hanya dinilai di atas kertas saja tapi sejatinya dinilai dari sikap dan perbuatan kita terhadap apa yang sudah diwujudkan.”

Abu Uwais Ibnu Zulqarnain.

source gambar :

http://1.bp.blogspot.com/-FLK77UuJKw/VDjNXiP78FI/AAAAAAAAAI0/IA0Dh6BGIjQ/s1600/ilmu22.jpg

Iklan

Satu Tanggapan to “Perlunya Study Lapangan Sebelum Penerapan”

  1. Viki said

    You are so awesome for helping me solve this mysetry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: