OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,639 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Memahami Konsep RF Wireless I

Posted by zulqarnain pada Maret 22, 2016


Bismillah….

Bagi mereka yang bergelut di bidang IT pasti mengenal apa itu teknologi RF. RF singkatan dari Radio Frequency yang sering dipakai pada media nirkabel. Belakangan ini sudah lumrah sekali berkenalan dengan teknologi satu ini karena telah hadir menemani mobilitas maupun aktifitas manusia sehari-hari. Mungkin tanpa teknologi ini tidak akan pernah kita temui yang namanya telepon genggam dari jenis apa pun bahkan media nirkable lainnya. Baik kita mulai terlebih dahulu dengan teknologi wireless yang memanfaatkan media RF ini.

Wireless

Teknologi yang menggunakan media udara untuk menghantarkan gelombang elektromagnet sebagai transmisinya & membawa paket data untuk saling bertukar informasi bahkan berinteraksi ini memiliki konsep yang cukup sederhana. Sebagaimana dalam hukum fisika bahwa gelombang merupakan getaran yang merambat pada suatu medium, Sebuah gelombang mempunyai kecepatan, frekuensi dan panjang gelombang. Masing-masing parameter berhubungan melalui hubungan yang sederhana sebagai berikut

f = c / λ

 

Keterangan :

C = Kecepatan rambat gelombang pada medium ( m/s) cahaya F = Frekuensi gelombang (Hz) λ = Panjang gelombang (m)

Panjang gelombang (biasanya di kenal sebagai lambda, ?) adalah jarak yang di ukur dari satu titik dari sebuah gelombang ke titik yang sama di gelombang selanjutnya. Misalnya, dari puncak gelombang yang satu ke puncak gelombang yang selanjutnya.
Frekuensi adalah jumlah dari gelombang yang melalui titik tertentu dalam sebuah perioda waktu. Kecepatan biasanya diukur dalam meter per detik, frekuensi biasanya di ukur dalam getaran per detik (atau Hertz, yang di singkat Hz), dan panjang gelombang biasanya di ukur dalam meter. Gelombang mempunyai sebuah parameter yang di sebut amplituda. Amplituda adalah jarak dari pusat gelombang ke puncak tertinggi gelombang, dan dapat di bayangkan sebagai “tinggi” dari gelombang di air. Hubungan antara frekuensi, panjang gelombang, dan amplituda tampak pada Gambar berikut :

 

panjang-gelombang

Untuk gelombang ini, frekuensinya adalah dua ayunan per detik, atau 2 Hz.Untuk gelombang elektromagnetik, kecepatan adalah c, atau kecepatan cahaya,Gelombang elektromagnetif berbeda dengan gelombang mekanik, mereka tidak membutuhkan media untuk menyebar / berpropagasi. Gelombang elektromagnetif bahkan akan ber-propagasi di ruang hampa seperti di ruang angkasa.

Jika melihat dari pola yang dihasilkan bisa di ibaratkan seperti gelombang air yang memiliki gelombang tinggi dan rendah namun juga yang perlu dicermati dari karakteristik gelombang elektromagnetik ini tidak bersifat mengikat artinya pada ruang hampa atau kedap udara pun gelombang ini masih bisa memancarkan sinyal seperti halnya koneksi Vsat.

 

Refrensi :

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: