OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,566 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Unicast, broadcast & multicast

Posted by zulqarnain pada Juni 17, 2014


images-tunnel

“Dalam kesahariannya kita pasti pernah melakukan atau menjumpai sebuah komunikasi baik yang dilakukan satu arah (dengan satu orang saja), bersama kelompok  (seperti halnya ibu-ibu arisan) & juga kepada khalayak ramai (seperti pengumuman dari Pak RT buat kerja bakti melalui speaker/pengeras suara di mesjid)”. Hubungannya dengan tema yang dibahas kali ini adalah sangat besar sekali keterkaitannya. Berdasarkan tujuan dari paket data di jaringan komputer pengiriman paket diklasifikan menjadi 3 jenis :

Unicast.

Merupakan jenis paket yang berasal dari satu titik yang memiliki tujuan hanya satu titik tujuan saja. Analoginya seperti quote yang saya tulis ebelumnya komunikasi dilkaukan satu arah saja. Seperti ketika user sedang melakukan akses ke sebuah website/URL akan tejadi komunikasi satu arah. Contoh lain : FTP, SSH, POP3 dsb.

Illustrasi Unicast :

komunikasi-satu-arah

 
Broadcast.
Berasal dari satu sumber & ditujukan ke semua titik di dalam satu jaringan tanpa memperdulikan pesan apa yang di sampaikan. Seperti halnya file sharing yang akan di broadcast kepada siapa saja dalam satu jaringan dalam windows ada yang namanya Network Neighbourhood/ My Network places tempat untuk berbagi sharing data & di Linux ada yang namanya samba sharing.

Illustrasi :
images
Multicast
Berasal dari satu titik  yang memiliki tujuan ke dalam alamat khusus saja. Analoginya seperti dalam kegiatan arisan ibu rumah tangga hanya orang-orang yang terdaftar di arisan tersebut yang dapat bergabung & mengikuti arisan tersebut adapun yang tidak terdaftar tidak dapat mengikutinya atau bisa juga di dalam meeting/rapat dalam dunia kerja. Di dalam dunia jaringan aplikasi yang menggunakan konsep multicast ini adalah streaming video, voice & chating room.
meeting
Konsep ini secara tidak langsung dalam kesahariannya pelaku atau penggiat dunia teknologi khususnya terhubung di dunia jaringan telah melakukan semua klasifikasi ini.
 Zulqarnain

Satu Tanggapan to “Unicast, broadcast & multicast”

  1. […] Unicast, broadcast & multicast […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: