OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,566 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Belajar Memperbaiki & Mengantisipasi Keadaan

Posted by zulqarnain pada April 10, 2012


Artikel menarik, Pelajari & Terapkan mudahan bermanfaat….

1.   Lakukan & jangan banyak termenung.

Banyak orang pasti pernah melakukan kesalahan namun perlu di ingat bukan berarti kita terlarut dalam kesalahan tersebut tetapi yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara untuk memperbaikinya agar tidak terulang kembali, hidup ini adalah sesuatu yang harus terus dipelajari jangan hanya diamati saja tetapi lakukan dan kerjakan. Karena dengan begitu kita akan mengetahui dengan cepat atau lambat dari hasil yang kita peroleh.

 

 2.   Kendalikan emosi

Hal yang tersulit dalam hidup ini adalah mengendalikan amarah, hati-hati terhadap hal ini (emosi atau amarah), pernah dengar amarah dapat membuat seseorang akan hancur bahkan binasa yang disebabkan oleh rasa benci terhadap seseorang & ingin membinasakan tetapi lambat laun dialah yang musnah. Mau tau sebabnya kenapa bisa seperti itu hanya dikarenakan dia kalut bahkan tidak berfikir bahwa apa yang dilakukan di luar dari ranah kesadarannya hingga membuat semua kondisi lingkungannya terbawa prasangka buruk sampai-sampai aktivitasnya sehari-hari menjadi terganggu & menjadikannya mengalami penurunan kualitas diri hingga menyebabkan tidak disukainya oleh teman sejawat bahkan sanak keluarga yang dapat berhujung kepada keadaan sia-sia & membuang waktu. Kawan.., emosi itu adalah wajar tetapi bukan berarti kita terpancing akan hal itu masih banyak yang dapat kita tanggulangi, salah satunya pakailah hati nurani & sisi religius kita (dengan do’a) agar senantiasa dapat terselesaikan dengan baik & tanpa masalah.

 

 3.   Berfikir barulah berucap

Ada pepatah yang mengatakan “Mulutmu adalah harimaumu” dan “mulut bagaikan pedang yang dapat menyayat hati seseorang kapan saja”. Sangat jelas sekali makna yang tersirat di dalamnya bahwa ucapan yang keluar dari lidah yang tidak bertulang ini dapat memusnahkan tuannya & dapat menimbulkan masalah. Karena itu berfikirlah terlebih dahulu baru berucap. Karena dari ucapanlah manusia atau seseorang itu dapat diukur tingkat kedewasaanya bahkan profesionalisme dalam bekerja. Karena itu mulai saat ini belajar berbicara yang baik, sopan, santun, terarah dan jelas maksud serta tujuannya terhadap lawan bicara. Sedini mungkin untuk dapat membedakan siapa lawan bicara kita apakah teman, orang tua, rekan kerja ataupun atasan kita di saat formal ataupun nonformal, ketika berada di dalam suatu forum maupun di luar dari forum resmi. Di sinilah awal dari orang lain menilai kita bahkan atasan memberi kepercayaan kepada kita untuk tanggung jawab lebih yang di ikuti dengan “upah/gaji”.

 

4.   Mulai saat ini jangan di tunda.

Siapa yang tahu bahwa kita hidup di dunia ini berapa tahun lamanya. Tidak ada yang bisa menjawab selain Yang Maha Kuasa. Karena itu pergunakanlah waktu sebaik mungkin & seefisien mungkin untuk belajar maupun beribadah. Jangan sampai di kemudian hari engkau menyalahkan waktu, karena waktu hanyalah sebuah media untuk kita memanfaatkannya yang dipergunakan sebagai hal yang berguna atau hal yang sia-sia saja. Umur akan bertambah terus menerus tapi apakah ilmu & keterampilan juga ikut bertambah dari apa yang sudah dipelajari. Jawabannya ada pada diri sendiri, gunakan cermin kedewasaan untuk melihat seberapa maju kita saat ini. Teruslah belajar & berjuang dari apa yang sudah dilakukan.

 

5.   Berbagi hal yang bermanfaat

Satu hal lagi yang mungkin selama ini belum pernah kita lakukan adalah berbagi untuk seksama. Saya kira berbagi tidak sebatas harus materi sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan mungkin bisa melalui tulisan atau masukkan kepada orang lain. Saya jadi teringat ketika saat menyumbangkan sebuah artikel berharga melalui media online tepat di saat itulah saya mendapatkan job/pekerjaan dari seorang kawan yang terbantu karena artikel yang pernah saya posting di media internet tersebut karena dengan artikel tersebut atasannya puas terhadap kinerja yang dilakukan teman saya setelah membaca artikel saya tersebut. Saat itulah saya berfikir bahwa dengan berbagi kita tidak ada akan merasa kekurangan yang ada rezeki yang melimpah ruah. Hanya saja yang perlu ditekankan di sini adalah rasa ikhlas & syukur yang tidak boleh terlewatkan.

 

 6.   SIKAP TIDAK HEMAT

Apalah arti besarnya pendapatan jika tidak diimbangi dengan pengaturan pengeluaran dengan baik dari yang hal sepele saja misal membelanjakan harta tidak sesuai dengan apa yang direncanakan  & ini bisa dikatakan suatu sikap boros & berfoya-foya apalagi menggunakan harta yang bukan menjadi miliknya. Tercermin prilaku yang baik di sana apabila seseorang tersebut dapat hidup sesuai dengan takaran hajat hidupnya. Karena itu salah satu sikap kedewasaan seseorang  adalah membelanjakan hartanya kepada hal yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

 

 7.   KESUKSESAN ATAU KEGAGALAN.

Hanya ada dua pilihan dalam hidup ini yang dapat kita raih yakni jalan kesuksesan atau kegagalan. Tergantung dari awal kita memulai & bagaimana cara kita melakukannya apakah dengan cara yang sudah benar atau salah. Karena ini adalah hal yang utama dalam penentu kita untuk mendapatkan kesuksesan. Saya kira semua orang ingin meraih kesuksesan dengan jalan yang benar bukan kegagalan dengan cara yang salah atau tidak benar. Tentukan sikapmu mulai saat ini juga & berorientasilah dengan jalan benar seperti para pendahulumu yang telah sukses saat ini karena tidak ada salahnya bila kita terpacu dari seorang figuran yang kita idamkan kesuksesannya saat ini.

Akhir kata mudahan artikel ini bisa menjadikan inspirasi buat kawan, family & kerabat yang membacanya karena hidup adalah ibadah & berjuang.

Untukmu & Selamat Berkarya kawan…..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: