OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,566 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Apa itu PVC ?

Posted by zulqarnain pada Oktober 23, 2011


Lagi asyik geluti ilmu baru nich jadi pengen tau aja bawaannya🙂, kali ini penulis ingin menjelaskan mengenai bahan yang terkandung di dalam insulator kabel listrik yang sering berlabel tulisan PVC, itu lho… Pelapis kabel yang paling kecil di area tembaganya (bingung yaa…) ini nich gambarnya :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

masih bingung sama gambar, itu yang ada namanya dielectric insulator, apa sih PVC itu dan apa saja sih kegunaannya. Berikut penjelasannya :

Polivinil klorida (IUPAC: Poli(kloroetanadiol)), biasa disingkat PVC, adalah polimer termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena. Di seluruh dunia, lebih dari 50% PVC yang diproduksi dipakai dalam konstruksi. Sebagai bahan bangunan, PVC relatif murah, tahan lama, dan mudah dirangkai. PVC bisa dibuat lebih elastis dan fleksibel dengan menambahkan plasticizer, umumnya ftalat. PVC yang fleksibel umumnya dipakai sebagai bahan pakaian, perpipaan, atap, dan insulasi kabel listrik.

Okey sampai sini mudahan sudah pada mengerti terus bagaimana proses terjadi bahan tersebut yang  jelas panjang seperti di jelaskan pada artikelnya mbak ririn http://ririnhapsari.blogspot.com/2009/12/apa-itu-pvc.html, pada intinya sih bahan ini sangat fleksibel sekali kalau di dunia elektronik sangat dibutuhkan sekali sebagai bahan pelapis tembaga atau sejenisnya. Yang sudah di campur dengan beberapa bahan, PVC ini menjadi sebuah plastik yang kegunaan nya bayak sekali dimana plastik jenis ini mempunyai sifat keras, kuat, tahan terhadap bahan kimia, dan dapat diperoleh dalam berbagai warna. Jenis plastik ini dapat dibuat dari yang keras sampai yang kaku keras. Banyak barang yang dahulu dapat dibuat dari karet sekarang dibuat dari PVC. Penggunaan PVC terutama untuk membuat jas hujan, kantong kemas, isolator kabel listrik, ubin lantai, piringan hitam, fiber, kulit imitasi untuk dompet, dan pembalut kabel. Mudahan sampai sini banyak yang sudah faham untuk selanjutnya bisa dikembangkan sendiri bagaimana cara pengembangannya. Kalau sudah faham bahan dari sebuah material insya Alloh mudah untuk memahami kebutuhan dari material tersebut. Kurang lebihnya mohon masukkannya karena saya juga masih  belajar🙂.

Zulqarnain

Kediaman Keluarga Besar K.Rochim

di Balikpapan-KALTIM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: