OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,654 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Dasar Elektronika (Post I)

Posted by zulqarnain pada Maret 18, 2011


### Sejarah & Pengertian ###

 

Di era serba digital & selalu berhubungan dengan listrik mengharuskan kita sebagai seorang insan manusia yang hidup di era ini dituntut untuk bisa memahami konsep elektronika dasar sebagai barometer untuk dasar mengetahui sebuah proses yang terjadi pada komponen elktronik atau elektronika setidaknya mengerti, sebenarnya saat kita duduk di bangku sekolah dasar-dasar elektronika sudah kita pelajari seperti belajar sebuah rangkaian arus listrik sederhana, mengenal komponen elktronika hingga mengukur tegangan, arus listrik &  hambatan.

Sebenarnya saya juga baru mengulang lagi sambil mengingat-ngingat pelajaran yang pernah di dapat pada waktu di bangku sekolah yang masih sedikit mendapatkan praktek langsung. Untuk memulainya ada baiknya kita megenal terlebih dahulu mengenal sejarahnya & mengetahui apa sebenarnya elektronika :

# The History

Sejarah elektronika dimulai dari abad ke-20, dengan melibatkan tiga buah komponen utama yaitu tabung hampa udara (vacuum tube), transistor dan sirkuit terpadu (integrated circuit). Pada tahun 1883, Thomas Alva Edison berhasil menemukan bahwa electron bisa berpindah dari sebuah konduktor ke konduktor lainnya melewati ruang hampa. Penemuan konduksi atau perpindahan ini dikenal dengan nama efek Ediosn. Pada tahun 1904, John Fleming menerapkan efek Edison ini untuk menemukan dua buah elemen tabung electron yang dikenal dengan nama dioda, dan Lee De Forest mengikutinya pada tahun 1906 dengan tabung tiga elemen, yang disebut trioda. Tabung hampa udara menjadi divais yang dibuat untuk memanipulasi kemungkinan energi listrik sehingga bisa diperkuat dan dikirimkan. Sejak itu banyak teknologi yang berkembang berawal dari komponen tersebut hingga saat ini yang sudah di modifikasi sedemikian rupa dan mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali serta sangat berpengaruh terhadap peradaban manusia.

# Pengertian

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopelsemikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektroteknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi.

Cikal bakal dari sebuah kemajuan teknologi merupakan awal dari penemuan sebuah perangkat yang dapat mengalir sebuah arus listrik di dalamnya yang dapat menghasilkan teknologi baru dari susunan beberapa komponen tersebut dalam satu rangkaian yang terpadu.

Satu Kata “Amazing” yang telah menciptakan manusia tersebut…………..!!!

to be continue………

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Elektronika

http://basicsphysics.blogspot.com/

Google

Satu Tanggapan to “Dasar Elektronika (Post I)”

  1. Mels said

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai dasar elektronik, menurut saya artikel ini bisa menambah pengetahuan para pembaca.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di http://ps-elektronika.gunadarma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: