OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,639 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Mengenal si Pinguin

Posted by zulqarnain pada Agustus 29, 2010


Sekedar berbagi kawan, sudah bertahun-tahun semenjak saya menimba ilmu di bangku kuliah tepatnya tahun 2005 kala itu saya mulai bergabung dengan teman-teman di komunitas tidak lain tidak bukan ialah KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) untuk kawasan Samarinda dimana saya pada waktu itu mencoba menyelami & berkenalan dengan si pinguin lebih dalam. Tapi pinguin yang saya ceritakan di sini bukan Pinguin yang hidup di daerah yang dingin & ber-es seperti di kutub lho…, tapi ini adalah sebuah simbol untuk sebuah operating sytem yang terkenal dengan perangkat lunak terbuka bebas untuk dikembangkan atau di pakai tanpa membebani sang pemakai (baca : user) untuk membayarnya. Apa saja sih yang membuat menarik dari si Pinguin ini, baiklah langsung saja kita coba kupas apa saja sih keunikkan & daya tarik si pinguin ini sehingga saya dibuatnya terlena untuk memakainya :

1. Sudah bareng tentu si pinguin dengan operating system Linux ini bersifat GNU/GPL (General License Public) bisa dikatakan berlisensi publik. Lho koq bisa yaa ????, bisa saja wong OS ( baca : Operating System) ini dikembangkan oleh mereka-mereka yang tergabung dalam komunitas yang rela meluangkan waktunya untuk mengembangkan OS ini menjadi sesuatu yang bisa dinikmati dari berbagai kalangan hingga saat ini.

2. Karena sifat fleksiblenya itu mereka yang bertindak sebagi user, administrator maupun developer merasa puas dengan kinerja si pinguin. Anda dapat mengembangkan ataupun sekedar menikmati berbagai fitur di dalamnya sampai anda terlena karena semua anda dapatkan dengan cuma-cuma sekali lagi saya ingatkan bebas / free lho….

3. Anda tidak perlu khawatir harus kemana bila ada beberapa hal yang anda tidak ketahui pada OS ini karena sudah banyaknya official web berupa wiki, media buku elektronik sampai dukungan komunitas melalui  milis (mailing list) maupun forum yang bisa menjawab berbagai pertanyaan anda. Curahkanlah segenap pertanyaan anda di sana, insya Alloh pasti ada jawabannya.

4. Bisakah ia terjangkit virus layaknya OS lainnya ???, jawabannya ialah Bisa sekali, namun karena sifat terbukanya kita dapat mencari dimana letak virus itu berada kalo anda bisa melihat sebuah gelas dengan di isi air mineral yang bening dan mencelupkan sebuah noda di dalamnya pasti anda tahu dimana letak noda tersebut. Itulah sebuah perumpaan untuk menggambarkan sebuah virus yang masuk ke tubuh si Pinguin artinya sia-sia saja karena kita bisa membunuhnya proses nya hingga mendelete sampai ke induknya.

5. Khawatir akan aplikasi ataupun hardware yang error maupun hang ketika dijalankan bersama si Pinguin, sekali lagi saya ingin memberitahukan kawan si Pinguin lagi-lagi berbaik hati untuk memberitahukan kenapa hal itu dapat terjadi melalui media reportnya seperti log-lognya yang bisa anda ketahui secara gamblang & jelas kenapa hal ini bisa sampai terjadi & bilamana anda mengalami kendala anda bisa kembali pada point 3.

6. Anda juga bisa berpartisipasi untuk bergabung menjadi sang pengembang ataupun hanya sebagai tester terhadap kehandalan kinerja Linux. Dengan memberitahukan bug-bug (sebut saja celah yang tidak aman, cacat ataupun berbahaya) untuk di gunakan kepada para pengembang sebelumnya. Sekali lagi anda tidak hanya sebatas sebagai user saja tapi anda mebantu mereka menyempurnakan system yang ada walaupun kita tahu tidak ada system satu pun di dunia ini yang aman kecuali system yang ada pada Maha Kuasa (Allohuakbar) karena Dialah Yang Maha Sempurna.

7. Linux itu adalah sebuah kernel dimana kernel itu sendiri adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman. Untuk itulah berasal dari kernel ini banyak  beragaram distro (baca : OS turunan Linux yang sudah di remaster atau di kostumisasi dengan berbagai perangkat lunak di dalamnya) turunannya dimana mereka dikembangkan oleh komunitas yang memiliki kebutuhan berbeda-beda. Tapi mereka tetap solid hingga memiliki semboyan untuk versi komunitas yang ada Indonesia yakni ” Bhinneka Tunggal Kernel” dengan makna Walaupun berbeda distro tetapi tetap menggunakan satu kernel yakni Linux.

8. Darimana harus memulai belajar Linux karena banyak sekali distro turunannya???,  andai kata anda di posisi sebagai seorang pemula tidak salahnya anda mencari sebuah refrensi untuk mengenal OS turunannya Linux dengan mencari di official webnya seperti www.distrowatch.com

9.  Bagaimana dengan tampilan desktop si Pinguin / Linux, jangan khawatir karena mungkin merasa sedang berada pada desktop yang mungkin terbilang kurang lebih sama dengan OS lainnya atau sekelasnya. Yang membedakan hanya tata letaknya saja serta perbandingan aplikasinya saja tetapi mengenai fungsinya hampir sama karena itu dibutuhkan yang namanya penyesuaian hingga benar-benar merasakan nikamatnya berkenalan dengan si Pinguin.

10. Apa benar semua distro turunan yang menggunakan kernel Linux itu free atau bebas untuk dipakai ???,  tidak semua distro yang menggunakan kernel Linux itu gratis karena kalo sudah berbicara turunan itu tergantung oleh pengembang masing-masing mau dibawa kemana hasil redeveloping atau remastering sang pengembang dari kernel linux tersebut karena ada beberapa distro turunannya yang bersifat close source, berbayar maupun memiliki hak cipta atas hasil pengembangan dari kernel linux ini tetapi untuk kernel Linux sih masih belisensi kan GNU/GPL.

10. Kekurangan & kelebihan dengan OS sekelasnya ???, saya ingin menekankan bahwa di sini saya sebagai penulis / seorang geek tidak ingin mengcompare kekurangan maupun kelebihan si pinguin dengan teman-teman sekelasnya karena satu tujuan saya ialah memperkenalkan anda kepada si Pinguin yang mau berbuat lebih kepada anda tentang apa arti kebebasan tanpa harus ada ikatan atau sekat pembatas untuk kita mengembangkan kreatifitas yang kita miliki.

11. Masih banyak lagi yang ingin saya beritahukan kawan tapi tidak pada artikel ini saja tapi saya ingin berbagi dengan artikel lainnya dimana masih dalam suasana berkenalan dengan si Pinguin untuk lebih tahu lagi apa saja fasilitas yang diberikan si Pinguin untuk memanjakan ataupun kita betah berlama-lamaan untuk sekedar mengenal lebih jauh si Pinguin.

Itulah sepenggal pengalaman yang saya dapatkan selama berkenalan dengan si Pinguin. Serasa senang, aman & nyaman di dekatnya karena ku tahu dia ikhlas dalam berbagi tanpa meminta pamrih apa pun kepada saya. Terima kasih si Pinguin karena mu ku mulai memilik rasa kebebasan dalam berekspresi & berfikir bahwa sesuatu itu akan bernilai bilamana di jalankan tanpa harus memandang status seseorang itu karena berbagi itu sama saja dengan beramal menurut saya. Mudahan saya tidak salah…

Refrensi :

1. Gambar Ilustrasi : http://www.overingtonpcrepairs.co.uk/sitebuildercontent/sitebuilderpictures/buygreen-linux-penguin.jpg

2. http://id.wikipedia.org/wiki/Kernel_(ilmu_komputer)

3. www.distrowatch.com

orignal posting by,

http://zulqarnain.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: