OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,566 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

live boot Windows XP with USB Flashdrive

Posted by zulqarnain pada Juni 10, 2010


Berhubung netbook ADVAN saya mau berpindah tangan ke orang lain maka saya harus merestore atau mendefaultkan OSnya menjadikan seperti sedia kala. Bawaan OS laptop saya ini adalah Windows Bazakan dari tokonya namun karena permintaan temen ane untuk menjadikan OS nya sedia kala maka kali ini saya coba mengupas sebuah cara  bagaimana membuat media USB layaknya sebuah device yang memiliki kesamaan seperti CD,DVD & semisalnya menjadi booting installer sebuah sistem operasi. Sistem operasi yang saya akan buat untuk dijadikan booting media flash disk adalah microsoft windows XP Profesional SP 2. Hal ini biasanya di lakukan kepada user dimana notebook/laptop nya tidak terdapat media CD/DVD Room internal misal seperti netbook yang sangat menjamur & populer untuk saat ini di kalangan muda abg (anak baru gede).

Pertama-tama siapkan aplikasi pendukungnya terlebih dahulu :

1. Bootable USB aplikasi, download di sini : link

2. Setelah anda memiliki aplikasi tersebut saatnya untuk mengekstraknya dan akan menjadi satu folder dimana di dalamnya akan berisi beberapa aplikasi, diantaranya :

– 1) bootable USB flash disk command

– 2) HPUSBFW

– 3) PetoUSB.

2. Klik dua kali (2x) aplikasi nomor pertama bootable USB command, sampai muncul perintah command berikut ini :

klik sembarang tombol hingga muncul menu berikut :

Pilih huruf   “p” untuk  flashdisk & mengintegrasikannya menjadi usb bootable seperti tampilannya pada berikut ini (aplikasi petousb) :

pada tanda garis merah yang di lingkari adalah pilihan drive USB anda sesuaikan dengan drive usb anda yang ada di pc atau laptop anda dan klik tombol start sampai proses berjalan hingga selesai. Selanjutnya kembali pada menu command bootable usb :

pilih nomor “1” untuk memilih source file windows xp untuk selanjutnya akan dijadikan boot awal pada USB.

Setelah muncul tampilan seperti di atas kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol “YES” jika ingin menggunakan mode installasi default atau “NO”  untuk memasukkan beberapa parameter seperti username, password & serial number apabila anda ingin pada saat proses instalasi tidak perlu lagi memasukkan paramater tersebut. Setelah proses di atas selesai maka media USB anda sekarang dapat digunakan sebagai installer booting OS Windows XP. Silahkan untuk melakukan tahapan instalasi dengan merestart komputer anda dan setelah itu pilihlah option media boot instalasi dengan USB. Sampai muncul tampilan seperti berikut ini :

Untuk pertama kali pilihlah option “1” untuk melakukan instalasi windows melalui mode text mode seperti kita menginstall menggunakan cd/dvd booting xp. Setelah proses instalasi tahap pertama selesai maka dilanjutkan dengan mode GUI yakni option pada nomor “2” untuk melakukan finishing instalasi sekaligus mengakhiri proses booting instalasi menggunakan media USB.

Jika terdapat hal-hal yang kurang jelas dalam proses instalasi OS windows xp menggunakan media USB pada artikel di atas, bisa pembaca langsung menanyakannya kepada penulis melalui komentar tulisan.

posting by,

http://zulqarnain.web.id

Refrensi :

# Link :

http://jeri27.blogspot.com/2009/09/boootable-windows-xp-dengan-flash-disk.html

# Gambar :

– WindowsXP USB :  http://photobucket.com/images/windows xp usb/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: