OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,639 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

YM ! di UBUNTU HARDY (Gyachoo)

Posted by zulqarnain pada Oktober 22, 2008


Hal ini udah lama saya lakukan namun baru sempat terposting di blog maklum biar ada lognya dan moga dapat membantu temen2 yang mau migrasi ke Open Source terutama yang make Distro Linux UBUNTU :d. Sebenarnya sih banyak alplikasi yang nyerupai YM ! developer dari yahoo seperti pidgin, gyachi (no gyachoo) de el el :d. Tapi lagi2 masih ada aja orang yang pengen percis dan mutlak sama dengan YM . bermodal nekad mengarungi samudra google dengan penuh keyakinan bisa dapet aplikasi yang udah di support paket debian (.deb). Akhirnya dapet juga dan langsung aja di install lewat konsol tapi sebelumnya download paketnya di sini🙂 :

1. unzip paket yang telah di unduh

2. masuk ke mode terminal atau bisa lewat dektop dengan mengarahkan hasil ekstrakan zip yang

telah di download klik dua kali file .deb nya hingga muncul paket managemennya debian untuk

selanjutnya untuk install.

3. Jika melalui mode terminal ketikkan :

#sudo dpkg -i gyachoo_1.0-1_i386.deb

4. setelah proses instalasi selesai kemudian di cek pada :

Application -> Internet -> Gyachoo! Massenger

5. masukkan id dan password

6. Nikmatilah YM! baru anda di ubuntu :d

42 Tanggapan to “YM ! di UBUNTU HARDY (Gyachoo)”

  1. rozy said

    berarti dah bisa webcam donk zul

  2. zulqarnain said

    kalo webcamnya belum nyobain sih mas, maklum laptop saya gak ada webcamnya hiks…., entar nebeng webcam temen dulu baru kalo udah di update lagi dech artikelnya🙂.

  3. petroek said

    kok masih nag bisa mas, bisa ditolongin..

  4. UnderDOS said

    Oke neh ZUL…
    /me dah enak YM-an di LinuxMINT…

    Cuman belum nyoba webcam-nya…
    Masih mo eksplore dulu…

    BTW…
    Itu yang di skrinsot…
    Sidebar Widget pake apaan…???
    Bisa diaplikasikan ke LinuxMINT ngga…???
    Minta info dunk…

  5. kira2 bs run ga ddistro laen (opensuse)?

  6. yus said

    mas aq install di inteprid..
    tapi gak mau jalan
    pesannya :

    gyachoo: error while loading shared libraries: libltdl.so.3: cannot open shared object file: No such file or directory

  7. mozzi said

    kemaren saya coba install gyachoo tp ko ak klik gyachoonya di aplikasi internet g jalan y g ad respon sama sekali

  8. mozzi said

    saya udah install gyachoo di ubuntu tp waktu ak jalanin aplikasinya ko g jalan y g ad respon

  9. Yono said

    Selama ini aku menggunakan GyachE Improved soalnya dulu pernah pake Gyachoo tapi ada kendala, yaitu gak bisa join roo. Ya akhirnya aku pilih GyachE aja yang udah bisa join roo, pict dan webcam.
    Pertanyaan: Yang Gyachoo nya mas ini apa udah bisa join room? Soalnya dalam segi tampilan sih lebih bagus Gyahoo. Jika bisa aku mau pindah ke Gyachoo lagi. Trims atas jawabannya

  10. fauzi said

    di ubuntu 8.10 pas dijalankan muncul error gyachoo: error while loading shared libraries: libltdl.so.3: cannot open shared object file: No such file or directory
    punya file libnya?

  11. loserkidzz said

    numpang sedot dlu aaaahhh…..

  12. wiyono said

    wah, coba saya unduh, trus saya instal di ubuntu 08, langsung bisa

    terimakasih.

  13. iceman said

    wah rupanya saya ketinggalan nih… gyachoo maupun gyache memang gampang dan mudah klo diinstal di ubuntu 8.04
    yang jadi masalah itu klo diinsatall di intrepid pasti errornya keluar kayak pernyataan mas2 nya diatas yg gak pernah kejawab…
    mungkin klo intrepidnya dari hasil alternate ato update ke 8.10 mungkin masih bisa jalan… tapi klo pure dari 8.10 saya pikir blm bisa kan mas…
    masih adakah jawaban yg bisa meyakinkan saya selain trust me?
    terima kasih

    • zulqarnain said

      to : iceman
      yaa saya mohon maaf kepada temen2 maupun para pembaca yang belum sempat / tidak pernah terbalas comentnya harap maklum karena saya hanyalah manusia biasa yang masih banyak kekurangannya😦 :d.
      Karena saya masih betah di ubuntu 8.04 (hardy heron) karena LTS nya kalee yaa…:). Dan beberapa temen saya nginstall untuk versi di atas maupun dibawah 8.04 juga tidak mengalami masalah dan jika ada maslah berkenaan dengan library atau file-file pendukungnya yang masih kurang dan oleh karena base ubuntu adalah debian maka saya menambakannya dengan paket-paket debian seperti pada URL berikut :

      http://www.debian.org/distrib/packages

      dan alhamdulillah tidak ada mengalami masalah sampai saat ini maupun aplikasi yang lain juga yang membutuhkan library tambahan seperti aplikasi wine, go-global, crossover dan lain sebagainya yang kesemuaannya ngambil library di debian.
      Atas keterlambatan balasan coment saya ini maka sekali lagi saya ucapkan mohon maaf kepada temen-temen yang ada di blog saya ini.

      salam,

      zulqarnain

    • Antok said

      Pakai cara ini rasanya bisa. Karena saya sudah coba dan berhasil
      Ketikan :
      sudo ln -s ./libltdl.so.7.2.0 ./libltdl.so.3

  14. indahonly said

    makasih banyak sharingnya… ^_^

  15. novi said

    Assalamu’alaykum,
    akh, saya install ubuntu 9.04, udah coba unduh gyachoo. Tapi ketika dijalankan tak bisa. karena libltdl.so.3 share library. can’t find. udah saya coba install libltdl.so.3, tapi couldn’t find package libltdl.so.3.
    Bagaimana solusinya.?

    • zulqarnain said

      hmm….
      kalo terhubung ke internet coba di ketikkan perintah ini :

      $ sudo apt-get update
      $ sudo apt-get upgrade
      $ sudo dpkg -i (paket installer gyachoo)
      $ sudo apt-get autoclean
      $ sudo apt-get -f install

      moga bermanfaat…

  16. Bobbyz said

    mantap….gyachoo nya. cuma nggak bisa buat webcam ya. aku dah nyoba tapi belum bisa. harus dioprek lagi nich…tenkyu yach infonya brooo

    • zulqarnain said

      ya sama2 mas, mungkin driver untuk webcamnya belum terdeteksi sama kernelnya linux.

      semangat mas untuk bisa, tapi jangan lupa postingannya ke blog saya kalo sudah bisa biar temen2 yang mampir di blog ini pada tau semua. :d

  17. jaunty jackalope said

    assalamualaikum,

    mas, saya pake ubuntu 9.04 juga, sudah saya install Yyackoo-nya baik paket yang di zip maupun melalui terminal.tapi pada saat mau dijalankan, tidak bergerak sama sekali. ada solusi ga?

    • zulqarnain said

      coba di update dulu paket2 nya mas,menggunakan perintah apt-get dan kemudian di upgrade. (CMIIW)

      • jaunty jackalope said

        aplikasinya udah bisa diinstal, sudah bisa bisa dibuka juga, namun tetap tidak bisa login.
        perintah :
        $ sudo apt-get update
        $ sudo apt-get upgrade
        sudah dijalankan, kenapa masih tetap tidak bisa login ya?

        mohon info ya mas…

  18. Nugraha said

    mas bisa minta Gyacho yang seri terbaru ndak mas, soalnya untuk yang ini ndak bisa untuk koneksi di ubuntu 8.10, apa sedang bermasalah dengan server yahoo, soalnya gyachi punya aku juga ndak bisa untuk koneksi sudah aku coba pake server cn.scs.msg.yahoo.com bisa koneksi tapi kok nasipnya sama dengan gyacho ndak bisa untuk room list (join room) kali aja gyacho yang terbaru bisa untuk join room. kalo bisa juga ada info untuk server yahoo yang lain ndak selain yang aku sebut tadi. trims sebelumnya

  19. Mia said

    Salam kenal mas…

    Saya dah download dan di install tetapi setelah dijalankan kok g mau proses ya gd tampilannya..Di mana masalahnya ,mas. Mohon di informasikan langkah2 scr rinci…Terima Kasih

  20. eko said

    kok g mau jalan di ubuntu netbook remix y

  21. toton said

    kok g bisa login…conecction time out mulu, kenepa ya mas????

  22. agam said

    mau tanya ne. mas pake ubuntu sabily ya…??
    sya lihat gambar screeshot di atas tu ada gadjet jam trus kalender. tu pake aplikasi apa ya…??

    aq juga pake ubuntu sabily 9.04

  23. janto said

    mas, sudah aku instal di ubuntu 10… ,tapi di mennu application-internet kok nggak muncul gyachoo???

  24. putra said

    aduh….
    knapa ya mas gak mau masuk walaupun sudah selesai installnya.

  25. agung said

    haaaaa… bang gimana kok masuk ke Application -> Internet -> Gyachoo! Massenger malahan ga ada,… padahal sudah di install biasa… sampai proses selesai.. ak pake ubuntu LUCID LYNX..

  26. Jejen said

    Om,,, aku dah installl ko malah gak bisa dipake

  27. lc40le830u said

    Terimakasih bro buat share ilmunya…saya masih belajar dan banyak terbantu dengan artikel-artikel anda

  28. Ant's said

    Aku koq belum bisa yah..padahal uda coba saran yg diatas..uda coba download n coba cara manual melalui terminal tapi masih blm bs.coba tolong di perinci bagaimana..Thanks yah..^^

Tinggalkan Balasan

 
