OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,639 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Mari berfikir kreatif

Posted by zulqarnain pada Oktober 7, 2008


Kali ini saya ingin menuangkan sebuah coretan yang insya Alloh bermanfaat. Diawali ketika pikiran sudah mulai gundah dan tidak lagi berfikir secara normal sekaligus tidak memberikan solusi yang lebih baik lagi hati-hati!!! bisa jadi otak anda tidak mulai seimbang dalam mencukupi kebutuhannya atau intensitas berfikirnya mulai menurun. Perlu diwaspadai gejala ini bisa jadi anda akan terbawa perasaan yang terkadang menaik atau menurun secara drastis dan berdampak negatif pada diri kita.

Ketika saya menulis artikel ini saya mulai mencoba mencari sebuah solusi yang benar-benar ampuh dalam menumbuhkan sifat berfikir kreatif dan alhamdulillah saya sudah mulai bisa berfikir secara sederhana, efesien dan yang pasti mendatangkan faedah yang bermanfaat. Beberapa point tersebut saya jabarkan di sini :

  1. Buka serta baca Al-Qur’an dan pahami isi yang terkandung di dalamnya dengan merujuk kepada hadist-hadist yang telah diriwayatkan oleh Rasululloh Salallohualaihiwasalam, jangan pernah menyerah untuk melakukannya dan yang terpenting jangan belajar agama tanpa ada yang membimbing karena bisa jadi menjerumuskan kita kepada perkara yang sesat dan setiap yang sesat itu neraka tempatnya. (Allohualam bi Sowab )
  2. Seimbangkan kinerja otak kanan dan otak kiri dengan selalu melakukan kegiatan yang mengasah otak dan kemampuan dalam berfikir seperti : menghafal al-qur’an, mendengarkan murotal, nasehat , melakukan perkerjaan yang unik, dan yang pasti semua kegiatan yang membutuhkan pikiran atau berfikir.
  3. Jangan menyia-nyiakan waktu dengan kegiatan yang monoton kecuali itu berhubungan dengan ilmu akhirat ( ta’lim , menghafal al-qur’an dan belajar ).
  4. Coba memanfaatkan kesempatan di sekitar kita untuk mengolah kemampuan berfikir atau mencari ide baru yang menghasilkan karya yang sangat bermanfaat sekali.
  5. Komunikasikan ide cemerlang anda kepada orang yang dekat dengan anda supaya dapat dikerjakan bersama-sama dan memberikan pelajaran baru di sekitar anda.
  6. Jaga kesehatan anda. Jika sakit segera berobat atau beristirahat jangan terlalu memaksakan kehendak karena dapat beresiko tinggi yang mengakibatkan fatal dalam kehidupan anda dan jangan lupa berdo’a untuk kesembuhan karena penyakit itu datangnya dari Alloh maka sepatutnya kita memohon kesembuhan hanya kepada-Nya.
  7. Mencoba memikirkan hal-hal yang positif dan membuang jauh-jauh pikiran negatif apalagi yang berbau maksiat karena ini dapat menghambat proses berfikir kita.
  8. Kerjakan apa-apa yang diperintahkan Alloh Ta’ala dan menjauhi segala larangannya yang pasti beribadah wajib secara rutin dan tepat waktu dengan itu pikiran anda menjadi tenang dan tidak timpang apabila menyelesaikan suatu permasalahan.
  9. Dikala pikiran terasa berat dalam berfikir dan dapat berdampak tidak baik cobalah sejenak meluangkan waktu untuk berwudhu, sholat dan berzikir dengan melafalkan kalimat-kalimat Alloh, karena dengan itu menjauhkan setan dari sifat jahatnya yang dapat merasuki pikiran mu.
  10. Biasakan berdo’a dalam mengawali segala aktifitas agar terhindar dari pengaruh musuh-musuh Alloh dan mengaharapkan kemuliaan di sisi-Nya.

Semoga tulisan ini dapat membantu saya terlebih lagi para pembaca yang senantiasa singgah di blog sederhana saya ini dan tidak ada maksud lain dalam pembuatan blog serta tulisan di dalamnya melainkan hanya semata-mata ingin berbagi segala sesuatunya yang bermanfaat sekaligus sebagai nasehat bagi diri saya pribadi bahwa kehidupan ini merupakan suatu bentuk ibadah kepada sang Khaliq dan kelak kita akan kembali kepada-Nya karen itu mari kita persiapkan amalan-amalan yang memiliki manfaat di akhir hayat kita dan membimbing kita kejalan yang lurus sesuai dengan janji Alloh Ta’ala Amin………… Ya……… Alloh !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: