OPEN MIND FOR THE BETTER LIFE

Insya Alloh bermanfaat…

  • Kicauan

  • RSS ARSIP PRIBADI

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Arsip

  • Blog Stats

    • 217,566 hits
  • maping visitor

  • save our future

  • indonesia sekarang

  • bandwidth test

    Test your Internet connection speed at Speedtest.net

  • Top Rank

Apa sih Repository itu ?

Posted by zulqarnain pada Agustus 1, 2008


Sudah merupakan hal yang wajib bagi kita semua untuk bisa menambahkan sebuah paket / library (dalam hal ini pada OS linux) untuk mendukung kinerja sebuah aplikasi. Bagi anda yang mengenal dunia linux khususnya yang berbasis GUI (General User Interface) lebih mengetahui apa yang saya maksudkan di sini tapi yang belum mengetahui tidak ada salahnya untuk tahu. Toh ini juga media berbasis web dibawah komunitas linux yang dibangun bertujuan untuk mereka yang mau belajar opensource :d. Baiklah langsung saja apa yang saya maksudkan disini adalah Repository.Mungkin bagi anda yang tidak mengetahui apa artinya ada baiknya untuk sejenak melakukan searching melalui paman google atau langsung aja berkunjung ke Wikipedia untuk mengetahui apa artinya🙂. Singkatnya repository ini adalah sebuah dukungan dari beberapa paket yang dijadikan satu bundel atau generalisasi untuk mendukung end user dalam hal menginstall beberapa aplikasi yang ia kehendaki exp : aplikasi film, music dan aplikasi lainnya. Peran serta Repository ini sendiri sangatlah dibutuhkan bagi penggemar linux baik kalangan pemula maupun diatasnya yang notabane-nya ada beberapa kalangan yang enggan untuk bermigrasi dikarenakan adanya aplikasi yang belum di support oleh linux :-p. Hal ini bisa saja diatasi jikaulah yang mengatakan tersebut sudah mau mencari / googling sejenak. Adapun hal tersebut memang belum ada mungkin bisa dijadikan sebuah kontribusi atau masukkan kepada pengembang software untuk mendukung aplikasinya diatas mesin Linux. Jadi, masih banyak cara untuk kita bisa memberikan sumbangsih terhadap bangsa ini sebagaimana wujud kita dalam mencerdaskan SDM di atas software yang legal tentunya🙂.

Repository yang paling banyak dijumpai pada saat ini dan telah banyak diunduh bisa anda temui pada distro turunan Debian seperti ubuntu dimana sudah ada mirornya baik server luar maupun lokal yang telah banyak menyediakan repositorynya exp: server Foss, kambing, komo, its dan masih banyak lagi (googling aja). Tidak hanya turunan debian saja masih banyak lagi distro2 lain yang mungkin bisa dijadikan acuan bagi anda untuk mau bermigrasi ke opensource exp: opensuse, pclinuxos, fedora, mandriva dan masih banyak lagi dimana saya sendiri belum sempat mencoba untuk mengeksplorenya maklum limited of time🙂. Jadi yang perlu anda ketahui di sini adalah linux sekarang tidak kalah bersaing dengan beberapa “pesaing lainnya” yang memang sudah familiar dikalangan end user. Untuk itu bagi pengembang linux / komunitas terus melakukan inovasi yang tidak ada kata berhenti untuk bisa grow up menjadikan sejajar ataupun lebih dari yang lainnya tak hanya handal pada satu bidang saja melainkan beberapa bidang lainnya juga.

Untuk anda yang mungkin jarang sekali online dan keseringan offline serta mengalami kesulitan untuk mendapatkan repository. Kali ini tidak perlu khawatir apalagi di jaman serba digital saat ini, karena repository bisa di dapatkan pada bundel yang dikemas dalam bentuk CD / DVD . Tinggal anda mencari beberapa situs / website yang menyediakan repository dalam bentuk CD / DVD ini sesuai distro / varian Linux anda. Memang untuk pertama kali berkenalan dengan si pinguin ini agak sedikit gampang dan sedikit susah tapi apabila sudah dekat sekali awas!!! anda bisa terjangkit demamnya :d.

<-> ditunggu kritik dan sarannya yang bersifat membangun🙂.

2 Tanggapan to “Apa sih Repository itu ?”

  1. ajeng said

    halo mas, saya menggunakan ubuntu intrepid ibex 64-bit…
    saya mo nanya nih, kan saya install intrepid ibex 64-bit dr cd yg kalo gk salah sekitar 600MB-700MB…
    nah klo repository ubuntu intrepid ibex itu saya pernah liat semuanya skitar 22GB yg dibagi ke dalam 6 DVD brrti dgn kata lain yg saya gunakan skrg itu bnr2 jauh dr lengkap??? apa memang wajib untuk menambahkan yg 22GB itu mas??? klo iya brrti ubuntu itu aslinya berat dong mas?? dan kalo saya gk nambahin yg repository 22GB itu kira2 nanti akan ad masalah atau gk???

    tararengkyu!!!

  2. ajeng said

    oh iya mas ada yang lupa…
    apakah repository itu berbeda-beda???
    karena berhub saya menggunakan ubuntu 8.10 64-bit kan biasanya berbeda dgn yg 32-bit…
    jd apakah repository utk 32-bit dan 64-bit itu sama saja atau berbeda???

    tararengkyu lagi mas!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: